Alat Kesehatan ESWL Penghancur Batu Ginjal

Alat Kesehatan ESWL Penghancur Batu Ginjal Menggunakan Generator Shock Wave untuk menghancurkan Batu ginjal dari luar tubuh tanpa tindakan operasi atau pembedahan

Alat Kesehatan ESWL (Extracorporeal Shock-wave Lithotripter) Penghancur Batu Ginjal

Alat Kesehatan ESWL Penghancur Batu Ginjal

Adapun ukuran batu ginjal yang dapat dihancurkan menggunakan alat ESWL yaitu antara 4 – 30 mm. Batu ginjal atau biasa disebut calculi tersusun dari garam-garam mineral (calcium oxalate), cystine dan uric acid. Batu ginjal tersebut dapat menghambat saluran urine sehingga menyebabkan rasa sakit, ketidaknyamanan dan infeksi saluran kencing.

Baca Juga Alat Kesehatan Anesthesia Machine

Prinsip Dasar Alat Kesehatan ESWL Penghancur Batu Ginjal terdiri dari generator shock-wave (generator penghasil gelombang kejut), meja pasien, imaging system dan control console.

Teknik Fluoroscopy, Radiografi (menggunakan X-ray C-arm) dan ultrasound scanner digunakan untuk memeriksa lokasi batu ginjal sebelum dilakukan tindakan.

Pertama-tama posisi batu ginjal akan diperiksa oleh alat C-arm dan ultrasound scanner, hasil pemandaian akan digunakan oleh system microprocessor pada ESWL untuk melakukan tindakan, kemudian microprocessor secara otomatis akan memprosses data tersebut untuk mengetahui focus, intensitas dan lamanya pemberian shock-wave. Shock wave akan diulang setiap 100 kali sampai batu ginjal hancur. Biasanya apabila 500 sampai dengan 2000 shockwave memerlukan waktu 30 sampai 90 menit. Batu ginjal akan selalu diperiksa secara periodic setiap 100 kali shock wave untuk mengetahui kondisi batu telah hancur atau berubah lokasi.

Selama dilakukan treatment pasien diberikan anesthesia general, spinal atau epidural, pasien dibaringkan diatas meja pasien yang terdapat shock-wave generator. Shock-wave akan diberikan ke pasien melalui treatment head, cylinder yang berisi air menonjol keluar meja pasien yang terdapat bantalan yang menyentuh kulit pasien. Water-degassing system berfungsi untuk mencegah terjadinya pembentukan gelembung pada cylinder yang dapat mengakibatkan berkurangnya intensitas shock-wave. Ellipsoidal atau acoustic reflector memfokuskan shock wave pada batu ginjal melalui water column dan bantalan kemudian masuk ke dalam tubuh pasien.


ESWL Penghancur Batu Ginjal

 Tiga  type generator ESWL :


1. Electrostatic spark discharge (spark gap) : Shock-wave (gelombang kejut) dihasilkan pada saat terjadinya pembuangan muatan listrik antara dua electrode yang terendam didalam air atau cairan electrolyte sehingga menyebabkan terjadinya ledakan partikel. Shock-wave bergerak dari celah kedua electrode kemudian difokuskan kearah batu ginjal oleh ellipsoidal reflector.

2. Electromechanical (Elektromagnetic) : medan magnet dihasilkan oleh suatu arus listrik yang disalurkan melalui gulungan kawat yang menempel pada membrane logam tipis; shock wave dihasilkan oleh terjadinya penolakan membrane oleh medan magnet.

3. Piezoelectric : generator piezoelectric terdiri dari 4000 elemen-elemen keramik yang tersusun berbentuk seperti parabola. Pada saat tegangan tinggi diberikan pada elemen-elemen tersebut secara terus menerus maka akan terjadilah shock-wave pada focal point yang berada pada bagian tengah dari piezoelectric.

Mesin ESWL penghancur batu ginjal

 Kontraindikasi alat ESWL :

  1. Wanita hamil tidak boleh menggunakan therapy ESWL.
  2. Pasien yang mengalami infeksi saluran kencing harus diberikan antibiotic terlebih dahulu sebelum dilakukan treatment.
Alat Kesehatan ESWL Penghancur Batu Ginjal hanya bisa menghancurkan batu ginjal skala kecil, jika batu ginjal telah besar maka harus dilakukan pembedahan pada pasien

Alat Kesehatan ESWL Penghancur Batu Ginjal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anisa Lutfiyah
Posted by www.kesehatann.com
Kesehatan Updated at: 22.11

0 comments:

Posting Komentar