Alat Kesehatan Anesthesia Machine


Alat Kesehatan Anesthesia machine adalah alat yang digunakan untuk pembiusan secara umum supaya pasien tidak merasakan sakit pada saat pembedahan. Alat ini digunakan di ruang OK.

Alat Kesehatan Anesthesia Machine

Alat Kesehatan Anesthesia Machine



Anesthesia machine pada dasarnya adalah mengirimkan dan menyalurkan gas anesthesia dan uap kedalam system pernapasan.

Prinsip dasar Anaesthesia System terdiri dari :

1.    Gas / Vapor blending system (Pencampuran gas)
2.    Breathing and ventilation circuit
3.    Scavenging system (Pengatur pembuangan expired gas)
4.    Monitor Control

Simak Juga Manfaat Goji Berry

Definisi fungsi Anesthesia Machine

Definisi fungsi Anesthesia Machine


1. Penyuplai dan pengontrol gas

Menggunakan central gas atau tabung untuk menyuplai gas dalam jumlah tertentu, standard tekanan untuk pemberian gas ialah 50 Psi. Biasanya central gas sudah standard tetapi bila menggunakan tabung memerlukan regulator.

Pasien di anesthesia dengan memberikan campuran O2, N2O, dan zat anesthesy yang terdapat dalam vaporizer yang berfungsi untuk mengatur konsentrasi zat anaesthesy. Zat anaesthesy di uapkan di dalam vaporizer kemudian di campur dengan gas N2O dan O2 yang seterusnya dapat di berikan ke pasien. Zat anaesthesi yang umum digunakan adalah Halothane, Isoflurane, Enflurane dan Sevoflurane dan yang paling terbaru adalah Desflurane.

2. Breathing and ventilation circuit (Pernafasan dan sikuit ventilasi)

Pada saat pemberian anesthesy pernapasan pasien melemah akibat relaxasi otot, sehingga pernapasan pasien diambil alih oleh alat bantu pernapasan (ventilator). Pemberian bantuan pernapasan terdiri dari 2 macam yaitu :

        a.    Secara mekanik yaitu menggunakan alat ventilator anaesthesi yang di koneksikan ke anaesthesia machine, sehingga pernapasan pasien secara otomatis diatur oleh ventilator anaesthesia tersebut (Mesin anesthesi dilengkapi dengan ventilator).

        b.    Secara manual, menggunakan kantung udara, yang pemberian pernapasannya diatur secara manual oleh operator (Mesin anesthesi tidak dilengkapi dengan ventilator).

3. Pengatur Pembuangan Expired Gas

a.    Absorbers

adalah alat untuk  menyerap carbon pada CO2 yang dikeluarkan pasien  dengan menggunakan sodalime yang akan mengikat unsur carbon sehingga hanya meneruskan unsur O2 saja.  
Karena Pada setiap expirasi pada pernapasan pasien, selalu di keluarkan gas CO2 yang bersifat racun dan tidak boleh masuk kembali dalam system pernapasan.
Absorbers di gunakan untuk system close circuit.

b.   Scavenging 

adalah alat untuk Pembuangan expired gas dengan menyaring sisa-sisa gas tersebut.  

4. Monitor control 

Berfungsi untuk mengontrol tekanan udara, oxygen concentration atau akan lebih baik lagi jika di tambahkan  monitor CO2, Saturasi oxygen, ECG, NIBP dan lainnya, Sistem kontrol ini biasanya bersifat modular, ada pula yang sudah di set dari pabrik. Monitor control akan lebih baik lagi apa bila dilengkapi dengan system alarm.

Apa Itu Vaporizer Anesthesia Machine

Vaporizer Anesthesia Machine


Vaporizer adalah bagian dari Alat Kesehatan Anesthesia Machine yang berfungsi untuk menguapkan anesthesia agent yang berbentuk liquid (cairan), yang kemudian oleh operator alat anesthesia (anesthesiologist) akan ditentukan berapa persentasi yang akan diberikan kepada pasien.

Dengan membaca Alat Kesehatan Anesthesia machine, semoga bertambah pengetahuan anda

Alat Kesehatan Anesthesia Machine Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anisa Lutfiyah
Posted by www.kesehatann.com
Kesehatan Updated at: 21.46

0 comments:

Posting Komentar