Tips merawat kebersihan organ intim wanita



Bentuk Organ Wanita pada umumnya

Tips merawat kebersihan organ intim wanita

Organ intim wanita memiliki nama klinis Vagina alias miss V bisa menjadi salah satu aset berharga mengingat fungsinya sebagai alat reproduksi. Menurut dr Ricky Susanto, M.Kes, SpOG dari RS Bethsaida Serpong, ada wanita yang memiliki vagina dengan daerah luar yang tertutup. Akibatnya, saat sedang haid darahnya akan terkumpul. Sedangkan untuk warna, normalnya vagina menurut dr Ricky yakni berwarna agak kemerahan. Hal ini disebabkan karena banyak pembuluh darahnya. Untuk mempertahankan bentuk vagina, salah satu cara yang disarankan dr Ricky yaitu dengan melakukan senam kegel.

"Senam kegel itu bagus. Yang penting mencegah saja supaya kandungannya jangan sampai turun. Senam kegel biasnya dilakukan setiap hari sepuluh kali, tidak usah lama-lama, karena kan juga tidak membutuhkan alat khusus," papar dr Ricky.

Tips merawat kebersihan organ wanita


  1. Jangan gunakan sabun. Kadang-kadang bau vagina yang sangat kuat bisa memalukan, tetapi ini hanya terjadi pada saat-saat tertentu saja. Hindari membersihkan daerah kemaluan dengan sabun atau cairan pembersih. Vagina bisa tetap bersih dengan sendirinya, karena tubuh sudah memiliki sistem untuk itu. Selain itu, selama menstruasi, cucilah vagina dengan air untuk menjaga kebersihannya
  2.  Setelah mandi, biasakan untuk mengeringkan daerah kewanitaan Anda. Kelembaban membuat bakteri berkembang biak lebih cepat. Ganti celana dalam minimal dua kali sehari.
  3. Menghilangkan rambut kelamin secara rutin. Rambut kelamin yang terlalu lebat membuat vagina menjadi lembab. Itulah yang menyebabkan munculnya bau vagina dan infeksi bakteri.
  4. Selama menstruasi, ganti pembalut setelah 3-4 jam atau jika sudah basah. Hindari penggunaan tampon karena itu tidak higienis dan dapat menyebarkan bakteri atau meningkatkan pertumbuhan bakteri di vagina.
  5.  Jika Anda rentan terkena infeksi kelamin, cucilah vagina dengan sabun pH setelah 2-3 kali buang air kecil.
  6. Hindari memakai celana yang ketat. Ini membuat kulit sulit bernafas sehingga daerah kewanitaan menjadi sangat lembab.
  7.  Segera ganti celana dalam yang basah. Cobalah untuk menjaga daerah genital selalu kering.
  8. Gunakan tisu pembersih tisu manjakani untuk mensterilkan organ kewanitaan anda dari bakteri.
Demikian sedikit penjelasan dari kami mengenai Tips merawat kebersihan organ wanita. Anda bisa mendapatkan tisu manjakani melalui toko online yang jual tisu manjakani untuk kesehatan, ataupun apotik.

Tips merawat kebersihan organ intim wanita Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anisa Lutfiyah
Posted by www.kesehatann.com
Kesehatan Updated at: 21.48

0 comments:

Posting Komentar